Perkembangan pada teknologi komunikasi di dunia sangat pesat berkembang salah satu yaitu teknologi seluler yang telah di miliki hampir seluru manusia di dunia teknologi seluler di mulai dari generasi 0G hingga sekarang sudah akan mencapai 5G, dan disini kita akan membahas satu persatu perkembangan pada teknologi komunikasi.

Perkembangan 0G (zero generation)

Pada Sejarah penemmuan telepon tidak lepas pada radio,awal pada penemuan pada tahun 1921.di mualai pada depertemen kepolisian mencoba melakukan telopan mobil 1 arah pada perkembangan selanjutnya adalah radio yang memiliki komunikasi 2 arah dengan frequency modulated atau di kenal sebagai (FM) pada tahun 1940 pada massa itu adalah genarasi oG.

Perkembangan 1G (first generation)

pertama kalinya di tahun 1970-an telah di perkenalkan untuk pertama kali nya generasi 1G pada tahap ini belum ada koneksi pada internet. untuk generasi ini telah muncul pertama kali telepon seluler dan sistem kerja pada teknologi 1G mengunakan transmisi sinyal analog,sehingga pada saat itu hanya dapat melakukan panggilan telopan, pada salah satu ponsel yang mengunakan 1G adalah motorola DynaTAC.

  • kelebihan dari teknologi 1G

dapat melayani komunikasi suara dengan data yang berukuran kecil.

  • kekurangan dari teknologi 1G

tidak dapat melayani komunikasi dengan kecepatan tinggi dan besar. pada kapsitas trafik yang kecil, dan penguna spektrum frekuensi yang boros karena satu pengguna menggunakan satu buah kanal frekuensi.

Perkembangan 2G (second generation)

Teknologi dari 2G adalah teknologi kedua kemunculan yang telah di perkenalkan pada publik pada tahun 1990 dan pada perkembangan 2G ini telah banyak perubahan dari 1G sebelumnya,Generasi kedua ini sudah mengunakan teknologi digital, TDMA dan CDMA untuk melakukan komunikasi.

  • kelebihan pada teknologi 2G

pada layanan di teknologi 2G telah unggul pada komunikasi suara,sms untukk dapat mengirimkan pesan pendak sebanyak 160 karakter,voice mail,call waiting,dan terkhir adalah dapat menasfer data dengan kecepatan 9600bps

  • kekuaragam pada teknologi 2G

pada kecepatan untuk mentrasfer data masih rendah jaringan yang telah di jangkau masih terbatas dan sangat bergantung pada bts.

 

Perkembangan 3G (third generation)

Generasi ke 3 adalah 3G yang telah muncul pada tahum 1998,Pada jaringan 3G telah sedikit unggul pada jaringan yang dapat menjangkau jarigan yang lebih luas dari fasilitas pada tngkat lanjut pada jaringan 3G juga telah dapat menghubungakan internet tanpa harus mengunakan kabel.Sehingga pada teknologi 3G di sebut dengan mobile broadband.

  • kelebihan dari 3G

Layanan data pada broadband seperti internet, video conference, video streaming, video on demand, music on demand, games on demand.

telah Memiliki kecepatan transfer dengan cepat yaitu 144 Kbps-2 Mbps, Kualitas suara yang lebih bagus dan Keamanan yang terjamin.

Support beberapa koneksi secara simultan (pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan panggilan).

  • Kekurangan teknologi 3G

Belum dapat mencapai kecepatan transfer data dalam multimedia yang memerlukan kecepatan yang besar.

Memerlukan kontrol daya bagus

Perkembangan  teknologi 4G (four generation)

Pada awal febuari 2014 pemerintah indonesia juga telah mempersiapkan maksuknya teknologi 4G ke indonesia,konsep dari 4G itu sendiri Sebenarnya adalah LTE Secara teori pada teknologi LTE telah memiliki kecepatan unduh sampai 100 Mbps dan kecepatan unggah sampai 50 Mbps, 4G telah menawarkan fasilitas dan kecanggihan teknologi yang sangat jauh luar biasa dari pada generasi sebelumnya.

  • kelebihan pada teknologi 4G

Telah Mendukung multimedia interaktif, telekonfrensi, wireless intenet.

Bandwidth yang cukup sehingga mendukung multimedia service.

Bit rates yang lebih besar dari 3G.

Global mobility, service portability, low-cost service.

Sepenuhnya untuk jaringan packet-switched.

Jaringan keamanan dengan data yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here