Bagi sebagian orang pasti sudah mengenal apa itu  Virtual Realtity atau yang biasa kita sebut juga dengan VR. Teknologi satu ini dikembangan pertama kali oleh seorang peneliti yag kemudian akhirnya dipopulerkan oleh sebuah perusahaan pengembang teknologi dan pada akhirnya sekarang teknologi yang satu ini sudah banyak penerapan dan juga sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

TEKNOLOGI VIRTUAL REALITI ATAU VR

Bagi kalian yang masih merasa bingung dengan teknologi yang satu ini maka berikut ini akan kami bagikan kepada kalian mengenai pengertian dari teknologi yang satu ini.

Virtual Reality atau Realitas Maya dan biasa kita singkat juga dengan kata VR adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan interaksi dengan melakukan simulasi dari computer. Lingkungan yang kalian liat di dalam VR hanyalah sebuah lingkungan yang ada di dalam imaginasi. Awalnya teknologi VR hanya akan memberikan pengalaman secara Visual saja yang ditampulkan pada

sebuah layar komputer, namun karena seiring perkembangan teknologi sekarang terdapat juga beberapa simulasi yang memberikan detil tambahan seperti efek suara dari earphone atau headset.

 

Tahukah kalian bahwa sebenarnya ide untuk menciptakan teknologi yang satu ini sudah sejak lama ada. Sejak tahun 1800 an para peneliti sudah mulai memiliki ide untuk membuat teknologi yang satu ini.  Tepat nya pada tahun 1800 an teknologi ini sudah mulai terpikirkan oleh para peneliti. Karena ditemukan dua stereoskop pertama yang menggunakan 2 cermin sebagai alat untuk memproyeksikan gambar

Lalu pada tahun 1960 an teknologi ini sudah baru benar benar mulai di kembangkan. Dan pada awal penggunaan nya teknologi VR di aplikasikan untuk kepentingan militer. Dan teknologi VR pertama dinamakan headset VR yang dirancang dan akan digunakan untuk latihan militer. VR digunakan untuk sebagai alat latihan untuk para pilot agar tidak langsung menerbangkan pesawat asli terlebih dahulu.

Lalu pada tahun 2016 hingga sekarang sebuah perusahaan swasta sudah mulai memproduksi masal teknologi yang satu ini. Dengan bantuan dari dana dana investor perusahaan swasta yang bernama Oculus Rift berhasil menjual permainan berbasis VR ke seluruh dunia dengan harga yang ekonomis. Dan seiring berkembangnya teknologi VR ini sekarang sudah disertakan sistem 360 yang memungkinkan para pengguna ya untuk benar benar seperti sedang berada di lingkungan lain. Dan juga kualitas gravik yang diberikan dari permainan vr sendiri yang sudah terus menerus membaik.

Itu adalah sejarah berkembangnya VR hingga sekarang ini. Namun kalian tahu gk sih cara kerja dari teknologi satu ini?.

Baiklah kalau begitu disini kami juga akan menjelaskan kepada kalian mengenai cara kerja dari permainan yang satu ini.

  1. HD Display

Kompomen pertama yang akan kita bahas disini adalah komponen yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar menjadi 3D. dan biasanya komponen yang satu ini ada pada setiap teknologi VR.

  1. Cover

Bagian komponen yang satu ini digunakan untuk menutup komponen HD Display. Yang di dalamnya terdapat sensor seperti head tracking, dan juga eye tracking. Namun apabila VR yang digunakan sudah dalam keadaaan terpisah dengan HD display nya maka cover tidak dibutuhkan lagi.

  1. Foam Padding

Komponen yang satu ini terletak pada lokasi tempat mata. Hal ini berguna agar menahan kepada pengguna dan membantu untuk menjada agar pengguna tidak merasa pusing ketika menggunakan alat ini.

  1. Lenses

Komponen ini adalah berupa lensa cembung yang biasanya digunakan untuk memfokuskan dan membentuk gambar dan juga lensa ini berfungsi untuk memberikan efek 3d pada permainan.

  1. Dial

Kalau komponen yang satu ini berfungsi untuk mengatur jarak pengelihatan/ visualisasi 3D.

  1. Circuit Board

Pada oculus Rift, akan di sediakan motherboard nya yang berisi prosesor ARM dan chip pengontrol LED. Dan juga pada oculus rift akan lengkapi dengan fitur adjacent reality tracker, yang berfungsi sebagai magnetometer , gyroscope dan accelerometer.

Manfaat dari teknologi Virtual Reality atau VR

Bagi kalian yang bertanya taya apa sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari permainan satu ini adalah.

  • Untuk menonton video dengan efek 3D
  • VR juga dikembangkan sebagai alat untuk bermain game, hanya dengan menambahkan controller external maka kalian sudah bisa memainkan nya.
  • Melakukan foto 360
  • Menonton video 360
  • Menjadi simulasi dibidang kemiliteran
  • Dan masih banyak simulasi lainnya

Dan itulah informasi yang bisa kami berika mengenai hal hal seputar teknologi VR atau Virtual Reality.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here