Kecerdasan Buatan / Artifical Intelligence atau yang biasa disingkat juga dengan AI ini mungkin dulunya hanyalah sebagai bahan candaan bagi masyarakat luas hal itu terjadi dikarenakan pada jaman dahulu banyak orang yang beranggapan bahwa itu hanyalah sebuah khayalan pada dasarnya AI adalah sebuah sistem / robot yang bisa melakukan hal seperti manusia dan bahkan kepintaran dari sebuah AI di prediksi bisa melebihi kepintaran dari manusia aslinya. Namun pada masa yang sekarang ini AI / Artificial Intelligent sudah menjadi trend an pionir di manapun. Istilah AI sudah menjadi kata yang sangat popular di kalangan industry, bisnis dan juga technology.

Bagi kalian yang masih bingung mengenai, apasih AI itu dan bagaimana cara kerja dai Artificial intelligent tersebut? Dan kenapa AI sudah bisa berkembang hingga seperti sekarang ini?. Maka dengan itu pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai hal hal yang berhubungan dengan sistem kerja AI dan segala maca perkembangan AI di dunia, silahkan simak penjelasan dan ulasan yang akan kami berikan ini!

 

Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligent

Nah buat kalian yang masih bertanya Tanya mengenai apa sih Artificial Intelligent itu? Oke, jadi Artificial Intelligent / Kecerdasan Buatan itu adalah Kecerdasan yang dibuat dan ditambahkan oleh manusia kepada suatu sistem teknologi, dan akan dikembangkan oleh manusia dalam menggunakan konteks ilmiah.

Banyak hal yang mungkin kelihatan nya sulit bagi manusia/ kecerdasan manusia namun hal tersebut akan mudah kelihatannya bagi sebuah AI . contoh contoh hal yang mungkin sulit untuk diselesaikan oleh manusia adalah: menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur dan masih banyak lagi hal yang berhubungan dengan kecerdasan. Di dalam konteks tersebut sistem AI akan bekerja lebih cepat untuk menyelesaikan persoalan tersebut dari pada manusia.

Meskipun dalam bidang kecerdasan AI sangat diunggulkan namun pada saat ini perkembangan AI masih mengalami kesulitan dalam bidang pengenalan objek dan juga berbagai macam hal yang berhubungan dengan olahraga seperti bermain sepak bola.

Banyak ahli terkemuka yang memberikan point utama dari apa itu sebenarnya AI itu. Dan point utama mengenai AI itu sendiri adalah sebuah teknologi yang diciptakan oleh manusia agar sistem / teknologi tersebut mampu berfikir seperti manusia itu sendiri.

 

Jenis-jenis Kecerdasan Buatan

Bila kalian yang masih menganggap bahwa AI hanyalah sebuah robot saja yang dapat mengikuti gerakan atau hal yang dilakukan oleh manusia, maka kamu salah. Hal yang perlu anda ketahui untuk sekarang adalah bahwa jenis teknologi yang berbasis AI pada dasarnya memiliki  5 jenis. Dan kelima jenis tersebut yaitu:

 

  1. Jaringan Syaraf Buatan (Artificial Neutral Networks)

Untuk jenis yang pertama ini merupakan sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang memiliki model matematis atau komputasi untuk pemrosesan berdasarkan dengan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada umumnnya JST merupakan sistem adiptif yang dapat merubah strukturnya berdasarkan informasi dari internal atau external yang melalui jaringan internet tersebut.

  1. Logika fuzzy / fuzzy logic

Untuk jenis AI yang satu ini adalah suatu pengetahuan yang dapat memungkinkan sebuah computer memiliki kecerdasan buatan seperti layaknya seorang manusia. Sehingga yang diharapkan dari jenis AI yang satu ini adalah computer tersebut dapat melakukan pekerjaan yang bila dikerjakan manusia menggunakan kecerdasan otak.

 

Biasanya perangkat yang digunakan pada AI jenis fuzzy logic adalah sebuah robot , peralatan rumah tangga, kendaraan dan masih banyak lagi lainnya.

 

  1. Algoritma Genetik / Genetic Algorithms

Untul jenis yang satu ini biasanya digunakan pada dunia kedokteran. Biasanya sistem AI yang satu digunakan apa bila sang dokter ingin melakukan analisis DNA.

 

  1. Robotika / Robotics

Untuk AI yang satu ini sangat sering digunakan pada pabrik / tempat / tempat industry yang sudah menggunakan teknologi modern. Biasanya alat ini akan digunakan untuk melakukan suatu kegiatan secara otomatisasi. Misalnya adalah Progammable Logic Contro

 

  1. Permainan Komputer / Games

Untuk AI yang satu ini adalah AI yang paling disukai oleh banyak orang terutama pada anak anak. Hal itu dikarenakan AI yang satu ini adalah AI yang digunakan untuk memainkan permainan game contoh Counter Strike, DOTA , Grand Theft Auto, Atau Tomb raider dan juga game lain lainnya.

 

Tujuan Dibuatnya Artificial Intelligence

Tujuan sebenarnya dari dibuatnya AI, yaitu:

  1. Membuat mesin menjadi lebih pintar

Tujuan yang satu ini adalah tujuan utama mengapa dibuatnya AI. Sehingga computer yang awalnya hanya bisa digunakan sebagai mengetik saja sekarang dengan menggunakan AI computer sudah tidak hanya sebatas untuk mengetik saja namun sekarang sudah bisa kita gunakan untuk bermain game, editing , multimedia , dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita gunakan.

 

  1. Membantu memecahkan sebuah masalah

Tujuan kedua di buatnya AI adalah untuk membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, lebih efisien dan juga lebih teliti.

 

  1. Membuat mesin lebih menjadi lebih bermanfaat

Untuk tujuan selanjutnya adalah agar manusia bisa menggunakan mesin lebih maksimal sehingga dapat mempermudah pekerjaan dari manusia.

AI juga memiliki keuntunga dan juga kerugian 

Keuntungan yang bisa didapatkan dari AI adalah

  1. AI bersifat permanen: maksudnya adalah AI bisa di gunakan berkali kali / berulang ulang.
  2. AI memberikan kemudahan : tentunya AI akan memberikan segala kemudahan untuk penggunaanya sehingga kita bisa dengan mudah mengaksesnya.
  3. AI akan lebih teliti dan konsisten : kecerdasan yang dimiliki ai tidak akan berkurang.
  4. AI dapat dijadikan dokumentasi: ai dapat disimpan da di arsipkan sebagai dokumentasi dalam berupa panduan untuk generasi selanjutnya.

Kerugian:

  1. AI tidak memiliki common sense seperti manusia untuk mengerti hal yang ada pada informasi yang diberikan,
  2. AI terbatas dengan program yang dimasukkan oleh manusia . maksudnya adalah AI tidak bisa mempelajari sendiri informasi namun harus bergantung pada program yang diberikan oleh manusia.

Itulah hal hal yang bisa kami jelaskan mengenai AI (Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligence). Dengan demikian AI bisa kita katakan Cerdas dan bahkan kecerdasannya bisa melebih dari kecerdasan pada umumnya. Namun tetap saja ini hanyalah buatan dari manusia . dan kita sebagai pengguna dari  para ai ini harus tidak terlalu bergantung pada para AI ini. Meskipun AI membuat hidup hidup menjadi lebih praktis dan juga mudah namun bukan berarti kalian harus dimanjakan oleh alat ini. Kita lah yang harus mengatur mereka nantinya bukan mereka yang mengatur kita. Terima kasih telah membaca artikel yang kami buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here